Rabu, 29 Agustus 2018

Nabi Shaleh AS dan Kaum Tsamud

Nabi Shaleh alaihissalam diangkat sebagai Nabi dan Rasul oleh Allah pada tahun 2100 SM. Beliau lahir pada 2150 SM dan wafat pada 2080 SM. Nabi Shaleh menyampaikan kebenaran kepada kaum Tsamud, kaum yang selalu membangkang dan tidak beriman kepada Allah Swt. 

Kaum Tsamud tinggal di Alhijir, antara Hijaz dan Syam. Dulunya, kawasan ini termasuk yang dikuasai kaum 'Ad (kaum Nabi Hud). Alam tempat tinggal ini sangat subur, indah dan mengandung kekayaan alam. Tanaman berlimpah, hewan-hewan ternak sangat banyak, rumah-rumahnya pun sangat mewah dan berdiri kokoh di atas gunung. Kaum Tsamud hidup dengan penuh kemakmuran dan kemewahan. 

Namun, sama dengan kaum 'Ad, kaum Tsamud tidak mengenal Allah Swt. Mereka menyembah berhala dan meminta perlindungan kepada patung-patung itu.

"Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Dia telah menciptakan kamu dari tanah dan menjadikan kamu pemakmurnya. Mohonlah ampunan-Nya," ajak nabi Shaleh. Tetapi, mereka mengabaikan apa yang disampaikan oleh Nabi Shaleh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar