Minggu, 08 Juli 2018

Nabi Adam AS, Manusia Pertama

KISAH-KISAH ISLAMI PARA ROSUL DAN NABI

Teman-teman, rubrik ini mengisahkan 25 Nabi dan Rasul yang diceritakan di dalam Al-Qur'an. Sebenarnya jumlahnya banyak, namun yang diceritakan dalam Al-Qur'an hanya 25 orang, ditambah seorang yang Qur'an tidak menyebut namanya (mufassir sepakat itu nabi Khidir AS yang kisahnya bersama Nabi Musa AS di S. Al-Kahfi). 

Perbedaan nabi dan rosul adalah, nabi menerima wahyu untuk diri sendiri, rosul menerima wahyu untuk disebarkan kepada umatnya.

NABI ADAM AS, MANUSIA PERTAMA

Nabi Adam AS (Alaihis Salaam) ialah manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Nabi Adam diciptakan setelah Allah menciptakan bumi, gunung, laut, tumbuhan, langit, matahari, bulan, bintang-bintang serta para malaikat dan iblis. 

Allah menyuruh para malaikat dan iblis bersujud atau menghormati Nabi Adam. Para malaikat taat kepada perintah Allah, namun Iblis tidak menuruti perintah ALLAH.

"Apakah yang mencegahmu sujud menghormati sesuatu yang telah Aku ciptakan dengan tangan-Ku?" tanya Allah kepada Iblis. 

"Aku lebih mulia dan lebih unggul dari dia. Engkau ciptakan aku dari api dan menciptakan Adam dari tanah," jawab iblis. 

Allah lalu mengusir iblis dari surga dan mengeluarkan iblis dari golongan malaikat. Hingga nanti hari kiamat iblis menjadi mahluk yang senantiasa membangkang. Iblis menerima hukuman dari Allah. Iblis mengancam akan selalu menggoda Adam dan keturunannya agar berbuat maksiat, tidak berbuat baik dan tidak bersyukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar