Kamis, 19 Januari 2017

Kuliah WA Strategi Pemasaran di Grup TDA

Abu Bakar Alkaf

Drs. Med. H. Abu Bakar, MBA, menjadi konsultan bidang umum jasa dan kuliner di Whatsapp Group bernama TDA. Dalam WAG ini tergabung lebih dari 124 orang pengusaha muda muslim di Semarang dan Demak. Ada percetakan dan salon, rental kamera, seluler shop, perlengkapan bayi, dan banyak toko daring.

Bapak Abu Bakar memberikan Kuliah WA Strategi Pemasaran, setiap malam pukul 20,00 - 21.00 WIB. Berikut ini beberapa 'kelas-nya'.

MARKETING STRATEGY / STRATEGI PEMASARAN

BAGIAN 1

Sebelumnya kita baca dulu doa: "Bismillaahirrohmaanirrohiim Robbii zidnii 'ilman warzuqnii fahman" ya Allah ya Robbii tambahkanlah ilmu kpdku & karuniakanlah kepahaman bagiku. Aamiin.

PENDAHULUAN

Kedua kata dalam judul di atas sama saja, yang satu Bahasa Inggris memakai kaidah MD, Yang satu Bahasa Indonesia memakai kaidah DM/Diterangkan Menerangkan.

PENGERTIAN

Strategi = Segala daya dan upaya serta usaha agar planing/rencana/program yang kita susun berhasil. Biasanya strategi dijabarkan/didetailkan dalam bentuk langkah-langkah yang disebut taktik.
Pemasaran/marketing berasal dari kata pasar/market = kumpulan orang yang mempunyai sifat, karakteristik, habits atau kebiasaan yang sama, yang kita sasar/target agar mengkonsumsi/memakai produk yang kita pasarkan.

(Wah kok angel yo, ya break/jeda dulu, saatnya anda boleh bertanya/usul dengan kirim pesan kemari)

Abu Bakar Alkaf

BAGIAN 2

Lebih setengah abad yang lalu seorang ilmuwan/pakar dan konsultan pemasaran bernama Jeremy Mc Carty merumuskan, bahwa kalau kita mau sukses dalam memasarkan produk, maka gunakanlah Strategi Pemasaran yang tidak lain adalah 4 P (Four Pi's) : Product, Price, Place dan Promotion. 4P ini dikenal pula dengan sebutan "Marketing Mix" (Bauran Pemasaran).

Strategi Pemasaran 4P ini sudah diterapkan oleh berbagai perusahaan besar seperti Unilever, P&G dan lainnya sejak lebih dari setengah abad yang lalu. Namun istimewanya strategi ini bisa diterapkan juga di usaha kecil menengah (UMKM) dengan skala/intensitas/volume agak berbeda. Untuk usaha roti/bakery misalnya, atau percetakan ataupun salon kecantikan dan sebagainya. Marilah kita dalami masing-masing 4 P tadi.

1. PRODUK

Tidak selalu berbentuk barang (tangible goods), namun bisa juga jasa layanan (services), bisa juga idea/konsep. Kalau kita bicara NKKBS (Norma Keluarga Kecil yang Bahagia dan Sejahtera), ini adalah suatu konsep/idea yang kita pasarkan/komunikasi pasarkan dengan strategi 4P/Marketing Mix juga.

Produk ada yang digolongkan consumer goods, ada pula yang digolongkan industrial goods, strategi pemasaran antara keduanya sedikit berbeda.

(Terlalu banyak nggak malam ini? Belum menyentuh ya pada yang Anda harapkan? Mintanya cepat ya? Ya nanti sampai. Ilmu ini applicable/terapan termasuk untuk usaha kecil.

Monggo yang mau tanya.

Pertanyaan anggota WAG =

Apa itu Produk Customer Goods?
Apa itu Produk Industrial Goods?
Dan letak perbedaan pemasarannya di mana? - Najwa

4P apakah masih relevan untuk generasi milenia? Yang udah lebih kompleks channel komunikasinya Pak? - Rambat 

Bagus sekali pertanyaan dari Mbak Najwa, pengusaha sablon dan percetakan. Jawabannya pada bagian 3 besok, tapi ngga apa-apa saya jawab singkat dulu.

Saya scroll ke atas saya tidak salah tulis, bukan Customer tapi consumer goods = barang/produk yang dikonsumir/dipakai langsung oleh konsumennya, misalnya sabun mandi, makanan kecil, obat-obatan bebas (bukan yang lewat resep dokter) dan lain-lain.

Sedang industrial goods tidak secara langsung dikonsumir oleh konsumennya. Kita memasarkannya ke industri/pabriknya, Misalnya bahan baku pembuatan roti (mentega, coklat, dan lain-lain) bahan baku untuk sirup (essense, pewarna) dan lain-lain.

Untuk penanya kedua, Mas Rambat Katalismedia.com, ya memang teknologi komunikasi sudah berkembang demikian pesat, namun bauran pemasaran/marketing mix/4P tetap relevan. Hanya intensitas, variasi dan kolaborasi terus berkembang. Nanti kita dalami/bahas di P ke-3 dan 4 (Place dan Promotion)

4P product dan price harus bagaimana yang bisa menjual di pasar? - Widya

Wah pertanyaannya bagus-bagus, seru. Mbak Widya, pertanyaan Anda itu di Bagian/Episode 3 besok, jadi jawabannya besok sekaligus ya.

Ilustrasi : Dok. Consulting.or.id, Professionalacademy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar