Sabtu, 28 Januari 2017

Strategi Pemasaran - Perbedaan Trade dan Consumer Promotion

sales promotion abu bakar

STRATEGI PEMASARAN BAGIAN 19

SALES PROMOTION / PROMOSI JUAL

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Robbii zidnii 'ilman
Warzuqnii fahman

Ya Allah ya Robbii
Tambahkan ilmu padaku dan karuniakan kepahaman bagiku.

Marilah kita review sebentar bahwa Marketing Mix / Bauran Pemasaran terdiri dari 4P : PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION.

Bauran Promosi / Promotion Mix terdiri dari : 1. Personal Selling; 2. Publicity; 3. Advertising;
4. Sales Promotion = upaya untuk mendorong / meningkatkan pemasaran dengan memberi hadiah / diskon / potongan harga.

Ada 2 macam sales promotion :

1. Trade promotion
Ditujukan kepada Agen/Grosir. Contoh "kalau sampai akhir tahun pengambilan mencapai sekian, misal seribu karton, hadiah tour Eropa untuk dua orang".

Kita sebagai konsumen tidak pernah tahu tentang adanya trade promotion ini, karena hanya beredar di kalangan grosir/agen. Yang kita tahu kadang ketika kita membeli suatu barang di sebuah toko kita "dipaksa/didikte" oleh penjualnya untuk membeli merk A saja, ini lebih baik katanya. Ternyata dia sedang akan menggoalkan trade promotion tur ke Eropa tadi.

2. Consumer promotion
Langsung ke konsumen, bisa langsung (beli satu dapat dua, beli barang A hadiah barang B, diskon 30℅ dan sebagainya), bisa melalui undian (hadiah utama mobil, tour Eropa dan sebagainya). Consumer promotion ini diiklankan melalui berbagai media, hingga banyak konsumen tahu dan berbondong-bondong membeli brand/merk itu.

Ada supermarket di Semarang yang tidak pernah lepas dari promosi jual dengan cara undian. Tiap belanja Rp 100.000 dapat 1 kupon, tiap tiga bulan diundi hadiah utama mobil. Selesai undian buka lagi untuk periode berikutnya. Ternyata super market dan department store itu ramai dikunjungi orang, lebih-lebih saat peak season (jelang Idul Fitri/Natal) antrian di kasir menjadi panjang.

Sebaiknya tiap mengadakan trade promotion dibarengi juga dengan consumer promotion. Karena tujuan pemasaran adalah "dikonsumirnya brand kita" bukan memindahkan barang dari gudang pabrik ke gudang agen/grosir.

WARALABA / FRANCHISE

Sebenarnya sudah ada di tanah air kita sejak lebih 30 tahun yang lalu, dengan masuknya makanan siap saji / fast food dari luar negeri seperti KFC, McD, Coca Cola, Dunkin Donut dan lainnya.

Memang waralaba lebih dikenal setelah berkembangnya mini market Indomaret dan Alfamart. Pemasaran produk waralaba agak sedikit lebih mudah, karena nama brand sudah banyak dikenal. Sudah banyak yang brand preference bahkan ada pula yang brand loyality.

Kedua belah pihak (Franchaiser dan Franchaisi) membuat MOU menyangkut paling tidak 3 hal : Bahan Baku, Tecnical know how, Biaya Promosi. Tidak semua mini market merupakan toko waralaba. Di tempat-tempat strategis didirikan toko oleh pihak Indomaret/Alfamart sendiri.

ONLINE TRADING

Hari ini (12/12/2016) bertepatan dengan HARBOLNAS (Hari Belanja Online Nasional). Nama-nama seperti Blibli, Bhinneka, Traveloka, Bukalapak, Elevania, Kaskus, Lazada, MatahariMall, Tokopedia, Tiket.com, Zalora dan lainnya sudah tidak asing lagi bagi kita. Kemajuan Teknologi Komunikasi dan berkembangnya industri ekspedisi/kiriman paket mendukung (JNE,Tiki, Wahana, dan lainnya) bisnis online ini.

Ilustrasi : Dok. Abu Bakar

1 komentar:

  1. I want to share a testimony on how Le_Meridian funding service helped me with loan of 2,000,000.00 USD to finance my marijuana farm project , I'm very grateful and i promised to share this legit funding company to anyone looking for way to expand his or her business project.the company is funding company. Anyone seeking for finance support should contact them on lfdsloans@outlook.com Or lfdsloans@lemeridianfds.com Mr Benjamin is also on whatsapp 1-989-394-3740 to make things easy for any applicant. 

    BalasHapus