Senin, 30 Januari 2017

Strategi Pemasaran - Evaluasi Produk


STRATEGI PEMASARAN Bagian 21

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Robbii zidnii 'ilman 
Warzuqnii fahman
Ya Allah ya Robbii tambahkan ilmu padaku
Dan karuniakan kepahaman bagiku

Kita sudah hampir sampai pada bagian-bagian akhir Kuliah WA tentang Strategi Pemasaran. Karena itu saya perlu mereview terutama penerapan ilmu ini pada usaha teman-teman anggota grup WhatsApp TDA (Tangan di Atas).

  1. Strategi Pemasaran / Marketing Strategy, yang oleh Jerome Mc Carty identik dengan Marketing Mix / Bauran Pemasaran dimaksudkan agar teman-teman sebagai pengusaha / produsen selalu dan senantiasa mengevaluasi produk / jasa yang dihasilkan. Apakah sudah benar-benar mememuhi selera konsumen?
  2. Kalau teman-teman memprodusir beberapa produk, tentukan satu atau dua main product / produk utama sebagai back bone / tulang punggung perusahaan Anda.
  3. Apakah produk/jasa yang Anda hasilkan ada yang bersifat seasonal / musiman? Kalau ada, siapkan segala sesuatunya (stok produk, promosi dan lainnya) menjelang datangnya saat itu (Idul Fitri, tahun ajaran baru dan lainnya).
  4. Usahakan mengadakan diversifikasi produk, dalam beberapa jurus : 
    • Volume, contohnya ada pasta gigi ukuran kecil untuk orang yang sering bepergian atau di tas, tidak makan tempat, ada ukuran besar untuk satu keluarga di rumah, ada juga ukuran ekonomi, tidak terlalu besar, tidak terlalu kecil.
    • Warna, sabun mandi misalnya ada yang senang putih, ada yang senang ungu, ada yang senang pink dan sebagainya.
    • Taste, ada yang senang rasa jeruk, ada yang senang rasa stroberi dan lainnya. 
    • Parfum, ada yang senang wangi melati, wangi mawar dan lainnya. 

Berbagai hal tentang produk kita evaluasi, kita telaah agar pemasaran kita sukses. Tidak hanya tentang produk, price / harga pun kita evaluasi. Apakah dengan harga sekian itu tidak terlalu mahal, apakah kita bisa menurunkan harga untuk grosir agar mereka senang menjual produk kita karena labanya lebih besar.

Produk, Price, ternyata tidak cukup itu. Daerah Semarang Selatan belum ada outlet (toko, rumah makan, cafe, pemandian dan lainnya) misalnya, berarti kita bicara Place, agar produk kita dengan mudah dibeli oleh konsumen.

Kita angkat Branch Manager di Indonesia Timur, atau kita pakai sistim MLM, hingga cukup Stockist di beberapa kota, atau waralaba.  Dan tidak kalah pentingnya promosi, baik personal selling-nya, publicity-nya, advertising-nya dan sales promotion-nya. Dengan demikian kita laksanakan Promotion Mix / Bauran Promosi yang merupakan bagian dari Marketing Mix.

Dan begitulah dinamisnya Strategi Pemasaran, tiap saat kita rencanakan. Kita evaluasi, kita rencanakan, kita evaluasi, dengan menerapkan kaidah-kaidah yang sebagian besar telah kami sampaikan dalam 21 episode ini, agar kita sukses dalam memasarkan produk-produk kita
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar