Minggu, 22 Januari 2017

Strategi Pemasaran - Memahami Segmentasi

strategi pemasaran segmentasi abu bakar

STRATEGI PEMASARAN BAGIAN 12

MEDIA PERIKLANAN

Media periklanan berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi, baik teknologi komunikasi maupun teknologi grafis / percetakan. Untuk memudahkan, media kita bagi dalam beberapa golongan :

1. Surat kabar/newspaper, Harian/daily.
2. Tabloid, bentuknya, berkala penerbitannya mingguan, dwi mingguan atau bulanan/monthly.
3. Majalah/magazine, biasanya bulanan, ada pula yang mingguan/weekly.

Pada surat kabar/harian, audiences/pembaca/readers lebih ke arah mencari berita meskipun di dalamnya ada artikel-artikelnya, sudah tersegmentasi*) meski belum tajam.
Pada tabloid segmentasinya lebih tajam, ada wanita, kriminal, ekonomi, kesehatan dan lain-lain. Kita perlu tahu : area sirkulasinya, tiras/oplaag, jumlah dan profil pembaca, tarif iklan dan lain-lain.

4. Radio
5. Televisi
6. Bioskop

Kalau 1-3 disebut media cetak, maka 4-6 disebut media elektronika.

7. POP/POS (Point of Purchase/Point of Sale)
Dari istilah kata-katanya = Titik untuk (mencuri pandang) pembelian/penjualan, maksudnya alat peraga/showcase /banner kecil yang ditempatkan di dekat kasir atau di tempat strategis di dalam supermarket atau minimarket.

8. Outdoor/papan reklame
9. Media online dan media sosial seperti Youtube dan lainnya
10. TV Kabel berbayar & Close Circuit TV lainnya (di airport, di stasiun kereta api, di kompleks real estate, di jaringan mini/super market)
11. Lain-lain yang belum termasuk 1-10 tersebut di atas.

BAGIAN 13

KARAKTERISTIK MEDIA

Untuk media cetak sudah saya singgung, ada kata "segmentasi" yang saya beri tanda bintang, maksudnya untuk saya jelaskan :

Segmentasi berasal dari kata "segmen" yang diambil dari matematika/aljabar yang biasanya untuk garis. Segmen berarti potongan garis. Audience atau pembaca/pendengar/pemirsa yang kita sasar atau target disebut TA (Target Audience), mempunyai sifat, usia, habbit yang berbeda-beda.

Mediapun ditujukan oleh pengelola atau redaksinya untuk segmen audiens tertentu. Misalnya Tabloid Nova, Femina untuk wanita, Bola untuk penggemarnya yang biasanya pria, majalah Aneka, Hai untuk remaja, dan sebagainya. Kita bisa minta ke penerbitnya atau browsing internet untuk mengetahui profil pembaca suatu media cetak, dan kemudian kita sesuaikan dengan TM/pasar sasaran/Target Market dan TA kita.

Kita juga bisa membaca data/profil media di Media Directory/Media Scene, atau hasil Survei (SRI/Survey Research Indonesia). Radio pun punya segmen pendengar berbeda-beda, ada yang programnya banyak berita (misalnya Radio Elshinta), ada yang program acaranya lagu dangdut, ada yang banyak acara siarannya untuk remaja (misalnya Trax FM). Kita bisa minta data ke radio yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar